welcome to my Blog

Jumat, 20 Juni 2014

Makalah Sumber Daya Alam



Sumber Daya Alam
Secara umum,Sumber Daya Alam adalah Segala hasil agraria atau bahan dasar industri. Hal ini selalu di kaitkan dengan penggunaan atau pemanfaatan tanah,air,biji-biji logam,sumber tenaga alami (air,angin, dan matahari),bahan bakar seperti minyak bumi,batu bara, dan uranium.
Sumber Daya Alam merupakan semua kekayaan berupa benda mati dan benda hidup yang ada di bumi dan dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.
Secara umum,sumber daya alam dapat di kelompokkan menjadi tiga jenis,yaitu berdasarkan pembentukannya,sifat dan lokasinya.

Pengelompokan sumber daya alam
1.Berdasarkan proses pembentukan
Berdasarkan proses pembentukan sumber daya alam di klasifikasikan sebagai berikut.
a.       Sumber daya alam yang dapat di perbaharui (Renewable resources)
Kemampuan alam untuk mengadakan pembentukan baru dalam waktu relative cepat.sumber daya alam ini tidak dapat habis atau habisnya sangat lama.contohnya kesuburan tanah, hutan, dan tanaman perkebunan.
            Pembaruan ini terjadi dengan dua cara yaitu:
1.      Reproduksi merupakan hewan berkembang biak,sehingga jumlahnya bertambah.
2.      Siklus merupakan perputaran beberapa sumber daya alam dalam hal membentuk sumber daya alam yang baru.
b.      Sumber daya alam yang tidak dapat di perbaharui (unrewenable resources)
Sumber daya alam dengan jumlah yang terbatas,karena tidak ada penambahan.Proses pembentukan sumber daya alam ini sangat lambat bila di bandingkan dengan umur manusia,memerlukan waktu ratusan bahkan sampai jutaan tahun.Oleh karena itu,sumber daya alam ini dapat habis.contohnya bahan mineral,batu bara,gas alam,dan sumber daya alam fosil lainnya.
Sumber daya alam tidak dapat di perbaharui dapat di golongkan menjadi dua macam sebagai berikut.
1.      Sumber daya alam yang tidak cepat habis
Sumber daya alam yang tidak cepat habis karena nilai komsuntif  terhadap barang itu relative kecil.Manusia hanya memanfaatkannya dalam jumlah sedikit.Sumber daya alam ini dapat di pakai secara berulang-ulang hingga tidak cepat habis.contoh: intan, batu permata, dan logam mulia (emas).
2.      Sumber daya alam yang cepat habis
Sumber daya ala mini di katakana cepat habis karena nilai komsuntifnya relative tinggi. Manusia menggunakannya dalam jumlah yang banyak.terutama dalam bidang industry sehingga cepat habis dan sukar di daur ulang.contoh minyak bumidan gas alam.
2.Berdasarkan sifat
Berdasarkan sifat,sumber daya alam di bedakan menjadi dua macam sebagai berikut.
a.       Sumber daya alam fisik adalah jenis sumber daya alam berupa benda,misalnya bahan galian (barang tambang), tanah, tenaga panas bumi dan air.
b.      Sumber daya alam hayati adalah sumber daya alam berupa makhluk hidup,yaitu tumbuhan maupun hewan.
3.Berdasarkan Lokasi
Berdasarkan lokasi,sumber daya alam di bedakan menjadi dua macam sebagai berikut.
a.     Sumber daya alam terrestrial adalah sumber daya alam yang terdapat di daratan.
b.     Sumber daya alam akuatik adlah sumber daya alam yang terdapat di perairan. Contoh:Ikan,rumput laut dan energy gelombang.
Macam-macam sumber daya alam
1.Pengklasifikasian Sumber Daya Alam Berdasarkan Pemanfaatannya
a.       Sumber daya alam materi,yaitu bila yang dimanfaatkan adalah materi sumber daya alam tersebut.contoh: Mineral magnetit (Fe[FeO2]2, hematite (Fe2O3), siderit (Fe3), dan pasir kuarsa (SiO2) dapat di lebur menjadi besi/bajayang di gunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia diantaranya yaitu: kerangka beton, bahan kendaraan,alat rumah tangga, dan sebagainya.
b.      Sumber daya alam energy,yaitu bila sumber daya alam itu menghasilkan energy.
Contoh: Air, arus laut, sinar matahari,minyak bumi, batu bara, gas bumi, dan sebagainya. Pada umumnya, manusia memanfaatkan sumber daya alam tersebut untuk memasak, menggerakkan kendaraan, mesin industry, dan lainnya.
c.       Sumber daya alam hayati,yaitu berbagai tumbuhan dan hewan yang ada di lingkungan kita,yang merupakan komponen biotic yang ada di alam meliputi keanekaragaman jenis makhluk hidup termasuk sumber daya alam nabati (tumbuhan/flora) dan sumber daya alam hewani (hewan/fauna). Keduanya merupakan sumber daya alam hayati yang dapat habis, bila tidak di perbaharui. Untuk itu,pengelolaan sumber daya alam hayati, perlu di lestarikan.
d.      Sumber daya alam ruang, yaitu ruang atau tempat yang di perlukan manusia dalam melakukan aktivitas hidupnya.Ruang dalam hal ini dapat berarti ruang untuk mata pencaharian (pertanian dan perikanan), tempat tinggal, arena bermain anak-anak, dan sebagainya.
e.       Sumber daya alam waktu,sumber daya alam waktu tidak berdiri sendiri melainkan terikat dengan pemanfaatan sumber daya alam lainnya.
Contoh :air sulit di dapat pada musim kemarau,akibatnya mengganggu tanaman pertanian.
2.Pengklasifikasian Sumber Daya Alam Berdasarkan daya Pakai dan Nilai Konsumtifnya
a.       Sumber daya alam yang tidak cepat habis
Contoh : intan, batu permata, dan logam mulia (emas)
b.      Sumber daya alam yang cepat habis
Contoh : bensin, gas alam, dan bahan bakar lainnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar