Lingkungan
Alam dan Buatan
Mengkaji materi IPS di SD tentang
fakta,konsep,generalisasi,nilai sikap dan keterampilan IPS kelas 3 SD
Standar Kompetensi :
Memahami
lingkungan dan melaksanakan kerja sama di sekitar rumah dan sekolah.
Kompetensi Dasar :
Menceritakan
lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah
Tujuan
Pembelajaran Khusus :
Setelah
mempelajari topik ini siswa diharapkan dapat :
- Menjelaskan pengertian lingkungan alam;
- Menjelaskan pengertian lingkungan buatan;
- Menjelaskan pengertian rumah;
- Menyebutan benda-benda yang langsung dari alam yang ada di sekitar rumah;
- Menyebutkan benda-benda di lingkungan rumah buatan manusia;
- Menceritakan pentingnya lingkungan alam dan buatan bagi setiap orang.
1.Fakta-fakta
yang terdapat di materi ini adalah:
- Daftar benda-benda / barang-barang lingkungan alam dan lingkungan buatan.
- Ciri-ciri lingkungan alam dan buatan
- Cerita tentang pengalaman siswa sebagai anggota keluarga di rumahnya;
- Daftar tugas sehari-hari siswa di rumah.
- Hak dan kewajiban anggota keluarga terhadap lingkungan alam dan buatan hasil pengamatan guru dan siswa.
- Contoh nyata tentang lingkungan alam dan buatan yang ada di sekitar lingkungan
- Gambar-gambar seperti rumah,gunung,sungai,jalan merupakan lingkungan alam dan buatan.
2.Konsep
Dasarnya, antara lain berikut ini.
Rumah,
lingkungan alam, lingkungan buatan, lingkungan sosial, tanaman, tanah, batu,
binatang, jalan, jembatan, manusia, nilai (values), kedudukan dan peran,
sosialisasi (sosiologi)..
3.Generalisasi
:
1. Di sekitar rumah terdapat lingkungan
alam dan lingkungan buatan;
2.
Kebersihan
dan keindahan lingkungan rumah ditentukan oleh rasa tanggung jawab setiap
anggota keluarga di rumah sesuai dengan perannya masing-masing;
3.
Menjaga
lingkungan agar tidak terjadi bencana seperti banjir
4.
Manfaat
yang di dapat dari lingkungan alam sangat banyak seperti air.
4.Nilai dan Sikap :
-Nilai :
kebersihan, keindahan, kegunaan, kerja sama,cinta lingkungan.
-Sikap :
Bertanggung jawab,menjaga kebersihan,menjaga lingkungan,Disiplin,bersikap kritis,tekun dan sabar.
5.Keterampilan :
-Kemampuan analisis dan Ketrampilan intelektual
- Mampu merencanakan kegiatan / observasi / penelitian.
- Mampu menyaring dan menganalisis informasi melalui bacaan, diskusi dan lain-lain.
- Mampu berpikir, menafsirkan dan mengorganisasikan informasi dan lain-lain;
- Mengkritik informasi yang mana fakta dan mana opini
-Ketrampilan
personal
- Membaca dokumen, brosur / buku dan surat kabar;
- Mencatat data atau keterangan dalam berbagai bentuk;
- Menafsirkan gambar, menggambarkan denah
-Ketrampilan
sosial :
- Wawancara, bertanya, berdiskusi, menjawab pertanyaan dan menjelaskan kepada orang lain;
Tidak ada komentar:
Posting Komentar