welcome to my Blog

Rabu, 14 Mei 2014

Pengaruh sampah plastik







Daftar Isi
Kata Pengantar……………………………………………………………………….
Daftar Isi……………………………………………………………………………..
Bab I Pendahuluan
            1.Latar belakang…………………………………………………………….
            2.Rumusan Masalah…………………………………………………………
            3.Tujuan……………………………………………………………………..
            4.Manfaat …………………………………………………………………..
Bab II Pembahasan
            1Pengertian sampah…………………………………….. …………………
            2.Dampak-dampak yang disebabkan oleh sampah plastik………………….
            3.Cara menanggulangi sampah plastik……………………………………..




Bab I
Pendahuluan
1.Latar belakang
Plastik merupakan bahan kebutuhan yang banyak dipergunakan dalam kehidupan manusia modern. Akan tetapi sisa sampah dari Plastik bisa menjadi permasalahan tersendiri bagi lingkungan. Karena sampah Plastik merupakan limbah rumah tangga yang sangat sulit untuk diuraikan (berbeda dengan sampah organik yang bisa cepat terurai).
Sampah plastik diperkirakan membutuhkan waktu 100 hingga 500 tahun hingga dapat terdekomposisi (terurai) dengan sempurna. Sampah kantong plastic dapat mencemari tanah, air, laut, bahkan udara. Kantong plastik terbuat dari penyulingan gas dan minyak yang disebut ethylene. Minyak, gas, dan batu bara mentah adalah sumber daya alam yang tak dapat diperbarui. Semakin banyak penggunaan plastik, berarti semakin cepat menghabiskan sumber daya alam tersebut.
Saat ini penggunaan sampah plastic sudah sangat banyak,di Indonesia di perkirakan jumlah sampah 100.000 ton setiap harinya.Sampah plastic ini dapat mencemari lingkungan dan sangat berdampak buruk bagi manusia. Setiap tahun masyarakat Indonesia dilaporkan memakai 100 miliar kantong plastik. Kebiasaan masyarakat Indonesia memakai kantong plastik yang didapat secara gratis sudah sangat mengkhawatirkan. Berdasarkan perhitungan tersebut, setiap orang di Indonesia menggunakan sekitar 700 tas plastik per tahun atau kira-kira dua kantong plastik dalam sehari. Ironisnya, banyak dari sampah kantong plastik tersebut tidak sampai ke tempat pembuangan sampah dan hanya sedikit yang akhirnya dapat didaur ulang.
Di kampus PGSD ini sampah plastic menjadi pemandangan yang biasa,bahkan kadang ada sebagian mahasiswa yang sengaja membuang sampah ke tanah.Ketersediaan tempat sampah juga mempengaruhi prilaku mereka,karena tidak semua kelas memiliki tempat sampah.
Jadi yang harus dilakukan oleh masyarakat PGSD adalah memiliki kesadaran tentang bahaya sampah serta bisa merubah prilaku buruk sehingga tidak membuang sampah sembarangan.
2. Rumusan Masalah
Masalah umum:
Apakah sampah plastic berpengaruh terhadap kebersihan lingkungan kampus?
Masalah khusus yang dihadapi adalah:
a.       Apakah yang di maksud dengan sampah?
b.      Apa dampak yang di sebabkan oleh sampah plastic?
c.       Mengapa sampah plastic sangat berpengaruh terhadap lingkungan kampus?
d.      Bagaimana cara menanggulangi sampah plastic?
3.Tujuan
Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk membuktikan pengaruh dari sampah plastic di kampus PGSD?
Tujuan khususnya adalah :
a.       Agar mahasiswa mengetahui arti dari sampah itu sendiri.
b.      Agar mahasiswa mengetahui dampak yang disebabkan  oleh sampah plastic.
c.       Agar mahasiswa bisa mengetahui pengaruh sampah plastic terhadap lingkungan kampus.
d.      Agar mahasiswa bisa menanggulangi sampah yang ada di PGSD.
e.        
4.Manfaat
a.       Dengan mengetahui dampak yang di sebabkan oleh sampah di harapkan masyarakat PGSD bisa mengurangi pemakaian kantong plastic.
b.      Di harapkan dengan pengetahuan yang di dapat tentang pengaruh sampah,mahasiswa bisa membuang sampah pada tempatnya.
c.       Dengan kesadaran yang di miliki mahasiswa tentang sampah di harapkan dapat terciptanya kampus yang bersih


BAB II
PEMBAHASAN
1.Pengertian Sampah
            Sampah merupakan masalah yang tak pernah terselesaikan hingga saat ini, meskipun beberapa negara maju telah menindak tegas orang-orang yang suka membuang sampah sembarangan, namun belum juga membuat para pembuang sampah sembarangan menjadi jera, apalagi dengan negara berkembang yang bahkan belum memiliki undang-undang yang jelas mengenai permasalah ini. Berikut pengertian sampah menurut para ahli :
 Tandjung,Dr.M.Sc (1982) menyatakan bahwa"Sampah adalah sesuatu yang tidak berguna lagi, dibuang oleh pemilikya atau pemakai semula".
Soewedo   (1983) menyatakan bahwa “sampah adalah bagian dari sesuatu yang tidak dipakai, tidak disenangi atau sesuatu yang harus dibuang, yang umumnya berasal dari kegiatan yang dilakukan manusia (termasuk kegiatan industri), tetapi bukan yang biologis.”
Sampah adalah sumber daya yang tidak siap pakai (Radyastuti, W. Prof. , Ir, 1996).Bahwa sampah memang tidak layak untuk di gunakan lagi,karna sudah di buang.Tetapi lain halnya jika di daur ulang,maka namanya bukan sampah karna sudah siap pakai.
Berdasarkan komposisinya, sampah dibedakan menjadi dua, yaitu:
1.  Sampah Organik, yaitu sampah yang mudah membusuk seperti sisa makanan, sayuran, daun-daun kering, dan sebagainya. Sampah ini dapat diolah lebih lanjut menjadi kompos;
2.    Sampah Anorganik, yaitu sampah yang tidak mudah membusuk, seperti plastik wadah pembungkus makanan, kertas, plastik mainan, botol dan gelas minuman, kaleng, kayu, dan sebagainya. Sampah ini dapat dijadikan sampah komersil atau sampah yang laku dijual untuk dijadikan produk lainnya.  Beberapa sampah anorganik yang dapat dijual adalah plastik wadah pembungkus makanan, botol dan gelas bekas minuman, kaleng, kaca, dan kertas, baik kertas koran, HVS, maupun karton;
2.Dampak-dampak yang di sebabkan oleh sampah plastic
a.       Dampak secara umum (di Indonesia) :
Dampak yang ditimbulkan oleh sampah plastic ini sangat banyak,dan bukan hal yang tabu bagi masyarakat.Hanya saja masyarakat belum menyadari secara nyata penyebab dari sampah tersebut.Dampak yang disebabkan oleh sampah plastic antara lain sebagai berikut:
1.Penyebab banjir,jika sampah dibuang secara sembarangan seperti di buang keselokan atau sungai.Sehingga tersumbatnya aliran air dan apabila hujan deras maka terjadilah banjir.sering terjadi di kota besar.
2.Menyebabkan penyakit,karena tumpukan sampah merupakan tempat yang sangat bagus bagi organisme ataupun binatang seperti lalat yang dapat menimbulkan penyakit.
3.Merusak pemandangan tatakota,akibat pembuangan sampah sembarangan.
4.Selain mencemari sungai,sampah juga dapat merusak struktur tanah.
5.Menurunnya kualitas lingkungan dan estetika lingkungan
6.Macam pencemaran udara yang ditimbulkannya misalnya mengeluarkan bau yang tidak sedap, debu gas-gas beracun. Pembakaran sampah dan pada instalasi pengolahan terjadi berupa pelepasan zat pencemar ke udara dari hasil pembuangan sampah yang tidak sempurna dapat meningkatkan gas  karbonmonoksida (CO), karbondioksida (CO2) nitrogen-monoksida (NO), gas belerang, amoniak, hidrokarbon, HCl, dioksin, dan lain-lain dan asap di udara. Asap di udara, asap yang ditimbulkan dari bahan plastik ada yang bersifat karsinogen, artinya dapat menimbulkan kanker, berhati-hatilah dalam membakar sampah.
7.Macam pencemaran perairan yang ditimbulkan oleh sampah misalnya terjadinya perubahan warna dan bau pada air sungai, penyebaran bahan kimia dan mikroorganisme yang terbawa air hujan dan meresapnya bahan-bahan berbahaya sehingga mencemari sumur dan sumber air. Bahan-bahan pencemar yang masuk kedalam air tanah dapat muncul ke permukaan tanah melalui air sumur penduduk dan mata air.
b.      Dampak secara khusus (Kampus PGSD)
Dampak yang disebabkan oleh sampah plastic ini,sangat berpengaruh bagi lingkungan kampus.Terutama merusak pemandangan,karena bersih itu sebagian dari iman dan kebersihan juga menunjukkan kepribadian seseorang.sampah yang sangat mengganggu pemandangan adalah sampah bungkus permen,karena ungkus permen itu walaupun kecil,tapi tetap kelihatan karena memiliki warna yang bermacam-macam.
Selain merusak pemandangan biasanya sampah yang ada di kelas mengganggu ketentraman belajar.Karena kita tidak mungkin belajar di tempat yang kotor. Hal ini disebabkan oleh kurangnya kesadaran dari mahasiswa tersebut akan menjaga kebersihan.
3.Cara menanggulangi sampah
            Di era modern ini,sangat susah untuk menghilangkan plastic dari kehidupan kita.Kita tidak bisa lepas dari yang namanya plastic karena secara tidak langsung sampah sangat memudahkan kita.untuk berbelanja,mainan,kemasan produk juga banyak yang menggunakan plastic.sedangkan kita tau bahwa plastic itu sangat sulit untuk diuraikan,bahkan memerlukan wkatu jutaan tahun sehingga plastic tersebut dapat terurai sempurna.
            Hal inilah yang menjadi permasalah di Negara kita,karena selain merupakan kebutuhan plastic juga menyebabkan penumpukan sampah. Berbagai upaya menekan penggunaan kantong plastik pun dilakukan oleh beberapa negara. Salah satunya dengan melakukan upaya kampanye untuk menghambat terjadinya pemanasan global. Sampah kantong plastik telah menjadi musuh serius bagi kelestarian lingkungan hidup. Jika sampah bekas kantong plastik itu dibiarkan di tanah, dia akan menjadi polutan yang signifikan. Kalau dibakar, sampah-sampah itu pun akan secara signifikan menambah kadar gas rumah kaca di atmosfer.
Untuk menanggulangi sampah plastik beberapa pihak mencoba untuk membakarnya. Tetapi proses pembakaran yang kurang sempurna dan tidak mengurai partikel-partikel plastik dengan sempurna maka akan menjadi dioksin di udara. Bila manusia menghirup Dioksin ini manusia akan rentan terhadap berbagai penyakit di antaranya kanker, gangguan sistem syaraf,hepatitis, pembengkakan hati, dan gejala depresi. Kita memang tidak mungkin bisa menghapuskan penggunaan kantong plastik 100%, tetapi mungkin ada beberapa cara untuk mengatasinya. Kita bisa mulai mengurangi sampah plastik kita dengan bukan tidak memakainya tetapi menggantikannya:
  1. Jangan pakai kantong plastik untuk belanja. Bawa sendiri tas belanjaan yang dapat selalu dipergunakan lagi.
2.      Jangan langsung buang botol plastik sesudah minum. Isi air lagi dan pakai kembali walaupun jangan terlalu banyak isi ulang. Kira-kira 5 kali pakai masihoke. Untuk yang biasa minum di mobil, siapkan selalu botol yang sudah diisi penuh agar tidak usah beli lagi.
3.      Di negara barat banyak cafe seperti Starbucks sudah mulai membolehkan customer membawa sendiri cangkir atau lebih baik thermos untuk diisi kopi. Kantong plastik masih bisa digunakan lagi. Tapi kalau gelas plastik hanya bisa sekali saja.
4.      Solusi terbaik dalam penanggulangan sampah plastik adalah dengan melakukan daur ulang dan menguraikannya. Saat ini sudah ditemukan cara yang tepat dan singkat untuk menguraikan sampah plastik. Yaitu dengan ditemukannya bakteri Pseudomonas sp dan bakteri Sphingomonas sp yang dapat menguraikan sampah plastik dalam kurun waktu singkat berkisar kurang lebih 3 bulan.
Dan cara khusus untuk menanggulangi sampah plastic di PGSD adalah Diperlukan tindakan tegas bagi yang membuang sampah sembarangan,sehingga ada efek jera yang di rasakan oleh pelaku.kemudian setiap kelas perlu memberlakukan jadwal piket karena berdasarkan pengamatan saya bahwa banyak kelas yang tidak memiliki jadwal piket.Dan yang paling utama adalah perlunya tempat sampah,karena alasan pelaku membuang sampah sembarangan adalah minimnya jumlah tempat sampah yang ada di lingkungan kampus.Selain itu juga perlu adanya kesadaran dari pelaku itu sendiri akan menjaga kebersihan lingkungan kampus.




Bab III
Penutup
1.Kesimpulan
Sampah adalah barang yang sudah di buang dan tidak di gunakan lagi.Dan sekarang sampah menjadi permasalahan yang sangat kompleks.Bahwa sampah yang ada di lingkungan kita,karena kurangnya kesadaran dari masing-masing individu yang tidak menyadari dampak yang disebabkan oleh penumpukan sampah dan membuang sampah sembarangan.Sikap tidak peduli dengan kebersihan lingkungan juga menjadi penyebab menumpuknya sampah.
Oleh karena itu di perlukan kesadaran dari tiap individu untuk menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.
2.Kritik dan saran
Dalam penulisan karya ilmiah ini,mungkin penulis banyak melakukan kesalahan baik yang di sengaja ataupun tidak,oleh karena itu penulis mengharapkan kritik serta saran dari pembaca.dan mohon maaf jika ada kata-kata dalam penulisan yang menyinggung pihak tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar