RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
I. Identitas
mata pelajaran
Nama
Sekolah : SDN 24 Pontianak
Tenggara
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas
/ semester : V/I
II. Standar
Kompetensi :
2. Menggunakan pengukuran waktu, sudut, jarak, dan
kecepatan dalam pemecahan masalah
III. Kompetensi Dasar :
2.2 Melakukan Operasi Hitung Satuan Waktu
IV. Indikator pencapaian kompetensi
a. Menentukan
operasi hitung satuan waktu
V. Tujuan Pembelajaran
a. Melalui
media chart dari guru ,Siswa dapat melakukan operasi hitung satuan waktu
b. Melalui
latihan, Siswa dapat melakukan operasi hitung satuan waktu
VI. Materi Pembelajaran
Operasi
Hitung yang Melibatkan Satuan Waktu
Satuan waktu yang lebih kecil daripada menit yaitu
detik
Berikut ini adalah kesetaraan antarsatuan detik,
menit dan jam.
1 Menit = 60 Detik
1 jam = 60 Menit
1 jam = 3600 Detik
|
Contoh Soal : 2 jam + 30 menit = .... detik
Jawab :
2 jam = 2 x 60 menit = 120 menit
2 jam + 30 menit = 120 menit + 30 menit = 150 Menit
VII. Alokasi
waktu : 2 x 35 menit
VIII.Metode pembelajaran :
·
Ceramah
·
Tanya
Jawab
·
Latihan
X. Kegiatan pembelajaran
A. Kegiatan Pendahuluan
- Salam
- Absen
- Periksa Kebersihan Kelas
- Apersepsi : Menanyakan materi yang lalu
- Informasi materi yang akan diajarkan yaitu Melakukan operasi hitung satuan waktu
- Informasi tujuan pembelajaran
- Pengkondisian kelas : Menekankan kepada siswa untuk menyimak materi yang akan diajarkan.
B. Kegiatan Inti
Eksplorasi
- Siswa mengamati media chart yang di tempelkan guru di papan tulis tentang kesetaraan antarsatuan detik, menit dan jam
- Guru melakukan tanya jawab tentang kesetaraan antarsatuan detik, menit dan jam
Elaborasi
1.
Kemudian guru memberikan 2 contoh soal operasi
hitung satuan waktu
2.
Guru dan siswa bersama-sama mengerjakan
contoh soal di papan tulis
3.
2 orang siswa di tugaskan mengerjakan di
papan tulis tentang operasi hitung satuan waktu
4.
Melakukan tanya jawab tentang hitungan
siswa yang dikerjakan di papan tulis
Konfirmasi
1. Guru
meluruskan jawaban siswa yang dikerjakan di depan
C. Kegiatan Penutup
1. Guru
membimbing siswa membuat kesimpulan
2. Guru
melakukan penilaian atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan
3. Memberikan
soal evaluasi yang harus diselesaikan pada jam pelajaran tersebut
4. Guru
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
XI. Sumber belajar/ alat media :
·
Media : Chart
·
Sumber : Sudwiyanto,dkk.2006.Terampil Hitung Matematika untuk SD Kelas V.Jakarta: PT
Gelora Aksara Pratama
XII. Penilaian pembelajaran
- Penilaian : Penilaian Hasil
- Jenis Tes : Tertulis
- Bentuk Tes : Essay
- Soal Tes : (Terlampir)
Mengetahui, Pontianak, Oktober 2015
Guru Kelas Dosen Pembimbing
Hj.Liliana,
S.Pd Hery Kresnadi, M.Pd
NIP.197504161996062001 NIP.196110251987031003
Mengetahui,
Mahasiswa
Wendi
NIM
F37012051
Tidak ada komentar:
Posting Komentar